Strategi Memilih Nama Domain


Jika memilih nama domain diibaratkan sebagai rumah. Maka aturan umum yang tersebut diatas adalah pondasinya. Lalu strategi dalam pemilihan nama ini akan menjadi atapnya.

Dan inilah dua strategi utama untuk memilih nama domain, Anda boleh pilih salah satu strateginya, semua terserah Anda, sesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  1. Brandable Domain"Brandable" domain adalah nama domain yang unik, kreatif dan akan menimbulkan kesan tersendiri  kepada penggunanya. 

    Biasanya brandable domain ini digunakan untuk pengguna yang lebih mengutamakan merek atau brand ketimbang kata kunci website (keyword).

    Contohnya adalah Google.com, Facebook.com, Flickr.com dan yang didalam negri contohnya adalah bhinneka.com (toko komputer online).
  2. Discoverable Domain"Discoverable" disini maksudnya bukanlah EMD seperti yang sudah lama kita kenal sebelumnya.

    Buat yang belum mengenal apa itu EMD?

    EMD adalah singkatan dari Exact Match Keyword. Maksudnya kita menggunakan kata kunci website kita untuk dijadikan nama domain. Misalnya kita ingin membuat website cara membuat donat, lalu nama domainnya adalah caramembuatdonat.com (EMD).

    Saya katakan, saya tidak menyarankan penggunaan EMD dengan dua alasan.

    Pertama, pada September 2012, Matt Cutts nge tweet tentang algortima Google, yang akan mengurangi domain EMD dengan konten berkualitas rendah.
"Minor weather report: small upcoming Google algo change will reduce low-quality “exact-match” domains in search results. — Matt Cutts (@mattcutts) "
September 28, 2012
Sebenernya domain EMD dianggap bagus untuk SEO, tapi setelah update EMD, Google menilai bahwa kebanyakan domain EMD adalah website dengan kualitas yang rendah dan menguranginya dalam mesin pencarian.

Alasan kedua, sekaligus alasan Google memberikan persepsi negatif kepada domain EMD adalah karena banyak website EMD adalah website scam, spam dan semacamnya, sehingga reputasinya jadi buruk.

Nah, kembali ke topik utama, yaitu tentang "Discoverable Domain".

Maksud saya adalah nama domain seperti tokopedia.com, bukalapak.com, jagoanhosting.com, rumahweb.com, penasihathosting.com, klikhotel.com, indotrading.com.

Yang pada dasarnya contoh nama domain tersebut mengandung kata kunci, tetapi tetap ada unsur mereknya. Tidak EMD dan juga tidak benar-benar brandable domain.

Tujuan menggunakan strategi nama domain ini adalah sebagai solusi yang menjembatani antara brandable domain dengan EMD.

Kelebihannya adalah mudah diingat dan pengunjung akan dengan mudah memahai apa yang ditawarkan dari website discoverable domain tsb.
Strategi Memilih Nama Domain Strategi Memilih Nama Domain Reviewed by Jangan Ngaco on April 22, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.